Makanan Yang Lezatnya Bukan Maen Kalian Wajib Datang Kesini Dan Menikmati Rasanya

Solok merupakan salah satu wilayah yang dikenal memiliki banyak sekali makanan khas yang menawarkan cita rasa begitu lezat. Kabupaten Solok ini memang dikenal sebagai daerah di Indonesia yang merupakan penghasil beras terbesar di daerah Sumatera Barat. Selain potensi wisatanya, makanan tradisional yang terdapat di kabupaten tersebut sangat menarik dicoba.

Banyak sekali ragam kuliner yang mempunyai cita rasa begitu khas. Anda bisa menemukan makanan dengan cita rasa pedas serta mampu untuk menggugah selera Anda. Solok juga mempunyai makanan yang memiliki cita rasa manis serta legit. Kuliner yang unik serta khas dari kabupaten ini bisa Anda jumpai di beberapa tempat di Solok.

Beberapa kuliner khas yang sangatlah populer sbobet88 dapat Anda temukan. Seperti contohnya Gulai Masak Hitam, Kalio, Palai Bilih dan lain sebagainya. Anda juga akan menemukan makanan untuk lauk pauk serta cemilan yang cocok untuk digunakan ketika bersantai. Berikut ini adalah beberapa makanan khas yang bisa Anda coba ketika berada di Solok.

1. Palai Bilih

Untuk rekomendasi makanan khas pertama yaitu Palai Bilih. Palai Bilih ini adalah sejenis pepes ikan yang merupakan menu favorit di banyak rumah makan daerah Solok. Menu tersebut wajib untuk Anda coba ketika berkunjung disini. Jenis Ikan Bilih ini memang mempunyai rasa yang begitu gurih dan juga manis.

Bumbu pepes yang dibuat menggunakan campuran cabai, kunyit, asam, jahe, cuka, daun kemangi yang khas solok. Bumbu nantinya akan dimasukkan ke kelapa parut untuk selanjutnya akan dibalut pada Ikan Bilih. Ikan tersebut nantinya akan dibungkus menggunakan daun pisang serta dibakar hingga akhirnya matang.

Proses pembakaran dari Palai Bilih tersebut cukup unik oleh karena memakai kerikil. Selain itu juga panas yang mampu dihasilkan pun jauh lebih merata. Palai Bilih nantinya bisa matang dengan sempurna, serta akan menghasilkan aroma yang begitu harum.

Menu pepes Ikan Bilih tersebut bisa Anda nikmati menggunakan nasi hangat. Selain pepes, olahan Ikan Bilih yang khas dari Kabupaten Solok tersebut memang wajib untuk Anda coba dengan tambahan Peyek Ikan Bilih. Peyek yang begitu gurih serta memiliki sedikit aroma jahe.

2. Kalio Baluik

Untuk rekomendasi berikutnya yaitu Kalio Baluik. Makanan khas ini mempunyai tampilan yang sekilas memang mirip seperti rendang. Namun, meski begitu proses memasaknya sendiri terbilang cukup sederhana dan tidak membutuhkan waktu terlalu lama seperti halnya pada rendang.

Kalio Baluik tersebut nantinya akan diolah memakai belut. Tapi Anda juga bisa menggantinya menggunakan daging sapi ataupun daging ayam, supaya terasa lebih nikmat. Jika dibandingkan dengan rendang, maka proses memasak makanan ini memang lebih sederhana serta membutuhkan waktu yang lebih cepat.

Bumbu yang biasanya diperlukan dalam pembuatan Kalio Baluik berupa cabai merah, kunyit, bawang merah, lengkuas, daun jeruk, jahe serta santan kelapa. Semua bahan-bahan tersebut nantinya akan dimasak dan dicampur sehingga menghasilkan aroma yang wangi. Resep masakan untuk kalio ini merupakan warisan dari turun temurun.

3. Limpiang Pinyaram

Jajanan tradisional yang juga cukup populer yaitu Limpiang Pinyaram. Limpiang Pinyaram ini bisa Anda jumpai dan temukan dengan mudah ketika berada di pasar tradisional daerah Kota Solok, Provinsi Sumatera Barat.

Memiliki tampilan yang mirip seperti kue cucur. Bagian Limpiang memiliki warna putih dan Pinyaram mempunyai warna agak kecoklatan serta bagian tengahnya yang cukup menonjol. Limpiang Pinyaram adalah makanan tradisional yang menggunakan bahan utama berupa tepung beras.

Adonan dari tepung beras tersebut selanjutnya akan dicampur menggunakan garam, gula serta bahan pelengkap lain. Setelah adonan tersebut merata dan kental, maka adonan akan langsung digoreng hingga matang.

Kuliner yang khas dari Solok Selatan tersebut memang akan jauh lebih nikmat ketika Anda menyantapnya dalam kondisi masih hangat. Sangat cocok untuk digunakan camilan sehari-hari dengan menggunakan kopi dan teh. Limpiang Pinyaram yang memang sering dipakai untuk sajian ketika upacara adat dan upacara pernikahan.

4. Pangek Pisang

Kabupaten Solok juga mempunyai kuliner yang sangat manis serta khas yaitu Pangek Pisang. Pangek Pisang tersebut dahulunya memang sering dibuat untuk acara-acara khusus. Seperti contohnya kegiatan adat, pengangkatan tokoh adat, bulan puasa maupun pesta pernikahan. Namun, saat ini hal tersebut bisa dinikmati kapan pun dengan menggunakan camilan

Masyarakat Solok sendiri umumnya lebih menikmati Pangek Pisang menggunakan nasi lamak, lupis serta lamak kentang. Pangek Pisang tersebut mempunyai cita rasa yang gurih dan juga menggunakan campuran santan kelapa dan juga gula. Makanan khas Solok tersebut pembuatannya memang tidak begitu rumit.

Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan Pangek Pisang antara lain kunyit, pisang kepok, garam, vanili, daun pandan serta santan kelapa. Pisang kepok nantinya akan dikupas terlebih dahulu untuk selanjutnya dimasukkan dalam sebuah kuali dan dikukus. Bahan-bahan lain yang dicampur selanjutnya disiram di atas pisang yang dikukus.

5. Ayam Kampung Lado Hijau

Rekomendasi selanjutnya yang bisa Anda cicipi ketika berada di Kabupaten Solok yaitu Ayam Kampung Lado Hijau. Kuliner tersebut bisa Anda jumpai di rumah makan.

Daging ayam kampung yang begitu gurih dan empuk nantinya akan dicampur dengan bumbu rempah khas Kabupaten Solok. Cita rasa yang bisa Anda dapat yaitu pedas dan juga segar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *