Kulineran Di Bandung Yang Buat Liburanmu Jadi Lebih Asik

Kota Bandung, sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia yang terkenal akan kegilaannya dalam bermain , dikenal dengan berbagai kuliner yang lezat dan menggugah selera. Berikut adalah beberapa kuliner yang patut dicoba di Kota Bandung:

  1. Batagor: Batagor singkatan dari “Bakso Tahu¬†Goreng” adalah hidangan yang terdiri dari bakso, tahu, dan lapisan kulit pangsit yang digoreng, disajikan dengan saus kacang dan kuah kaldunya.
  2. Mie Kocok: Mie kocok adalah mie kuning yang disajikan dengan kuah kental berbahan dasar daging sapi dan tulang rawan yang direbus. Hidangan ini biasanya judi bola terpercaya diberi tambahan tauge, kikil, dan bawang goreng.
  3. Nasi Timbel: Nasi timbel adalah nasi yang dibungkus daun pisang dan disajikan dengan lauk-pauk seperti ikan teri, tempe, tahu, dan sambal. Nasi timbel biasanya disajikan dengan lalapan.
  4. Cireng: Cireng adalah singkatan dari “aci goreng,” yaitu tepung kanji yang dicampur dengan bumbu-bumbu, digoreng, dan disajikan dengan sambal kacang.
  5. Siomay Bandung: Siomay Bandung adalah hidangan dimsum yang terdiri dari bakso ikan, tahu, kentang, dan telur rebus yang disajikan dengan saus kacang dan kecap.
  6. Nasi Ciwidey: Nasi Ciwidey adalah hidangan nasi kuning yang disajikan dengan berbagai lauk-pauk seperti ayam goreng, sambal, telur, dan lalapan.
  7. Sundanese Feast (Nasi Liwet): Nasi liwet adalah hidangan nasi yang dimasak dengan santan, serai, daun pandan, dan daun jeruk, disajikan dengan berbagai lauk seperti ayam panggang, tahu, tempe, dan sambal.
  8. Bubur Ayam: Bubur ayam adalah bubur nasi yang disajikan dengan potongan daging ayam, cakwe, daun bawang, dan bumbu-bumbu lainnya. Biasanya diberi tambahan kerupuk dan koya (bubuk kacang kedelai).
  9. Es Doger: Es Doger adalah minuman dingin khas Bandung yang terbuat dari es serut, santan, ketan hitam, biji selasih, kelapa parut, dan gula merah.
  10. Cendol: Cendol adalah minuman tradisional Indonesia yang terdiri dari santan, sirup kelapa, dan butiran cendol (butiran hijau dari tepung ketan). Biasanya disajikan dengan es serut.
  11. Surabi: Surabi adalah kue tradisional Indonesia yang terbuat dari adonan tepung beras yang dipanggang atau dikukus. Ada berbagai varian surabi, seperti surabi oncom, surabi duren, dan lainnya.
  12. Laksa Bandung: Laksa Bandung adalah hidangan mie kuah khas Bandung yang berisi mie kuning, daging ayam, telur rebus, tauge, dan bawang goreng. Kuahnya terbuat dari santan dan bumbu rempah khas.

Inilah hanya beberapa contoh kuliner yang dapat dinikmati di Kota Bandung. Keberagaman kuliner di kota ini mencerminkan kekayaan bu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *