Kuliner Paling Legendaris Di Cikini Yang Rasanya Sangat Paten

Cikini menjadi salah satu surganya masakan legendaris yang ada di Jakarta. Berbagai masakan khas masih berdiri kokoh di wilayah Cikini, Menteng, Jakarta Sentra. Kesan nostalgia akan masa lalu semakin terasa dan diperkuat akan sebagian logat yang masih menempel pada bangunannya, pun hingga pada furniture, dan hiasan simpel yang kaya akan history. Dari sekian banyaknya masakan yang berderet di sepanjang wilayah Cikini, terbukti di antaranya adalah tempat-tempat yang telah betul-betul melegenda dan masih konsisten eksis hingga ketika ini. Kira-kaprah kaum milenial ada yang tahu akan masakan berikut ini gak ya? Yuk lantas aja lihat ada anjuran masakan hits dan legendaris apa saja sih di Cikini !

Gado-gado Bon Bin
Menjadi salah satu makanan khas Kota Jakarta, gado-gado masih menjadi comfort food bagi sebagian besar orang. Di Cikini ada salah satu tempat makan yang menjajakan gado-gado sebagai menu utamanya dan telah berdiri puluhan tahun, tepatnya sejak tahun 1960-an. Yup! Warga Jakarta pasti telah gak asing lagi sama masakan legendaris yang satu ini. Apalagi sekiranya bukan Gado-gado Bon Bin. Makanan simpel yang hanya berisikan telor rebus, taoge, tahu goreng, kacang panjang, kentang, kangkung, daun bayam yang telah direbus, dan sebagian komplemen lainnya seperti lontong dan kerupuk udang. Ciri khas dari sebuah hidangan gado-gado siram adalah bumbu kacangnya. Dan di Gado-gado Bon Bin ini yang menjadi juara umum hingga ketika ini ya ada pada bumbu kacangnya yang identik. Bumbu kacang yang dihasilkan, mengaplikasikan kacang yang berasal dari Vietnam dan telah via progres spaceman sangrai serta dibuang kulit arinya. Cita rasa yang dipersembahkan pun jadi betul-betul khas di mulut, kental, lembut, gurih, dan manisnya menyatu sempurna ketika menyantapnya. Kau juga bisa menyicipi menu hidangan lainnya, seperti asinan, nasi rames, dan lain sebagainya.

Lokasi : Jl. Cikini IV No. 1, Cikini, Menteng, Jakarta Sentra

Jam Operasional :

Senin s/d Jumat : pukul 09.00 – 17.00 WIB
Sabtu : pukul 09.00 – 16.00 WIB
Minggu : Tutup
Nasi Uduk Gondangdia
Telah ada sejak tahun 1993, Nasi Uduk Gondangdia ini masih konsisten hits hingga sekarang, lho. Cita rasanya yang masih konsisten sama sejak pertama kali berdiri, menjadi alasan utama tidak pernah sepi pengunjung. Sekiranya kebanyakan pedagang makanan serupa ketika ini hanya sekadar nasi uduk yang dibungkus mengaplikasikan kertas nasi, lengkap dengan lauk pauknya, tapi sekiranya di sini dari bungkusannya saja telah menarik. Dia mengaplikasikan daun pisang sebagai balutan nasinya yang dibentuk kerucut. Ya, memang yang membedakan di sini kecuali rasanya yang gurih dan kaya akan rasa dari daun pisang hal yang demikian, dia juga mempunyai energi tarik dari balutan nasinya yang dibentuk kerucut layaknya bentuk nasi tumpeng. Berbeda dengan nasi uduk pada biasanya. Mereka juga menyediakan banyak variasi lauk pauk yang lengkap banget dan dijamin kamu bakal kebingungan ingin pilih yang mana, mulai dari ayam goreng, daging, ati ampela, petai, cumi, udang, ikan gurame, bawal, dan masih banyak lagi varian menu lainnya. Bukan hanya opsi lauknya yang pelbagai, tapi sambalnya juga tidak tertinggal.

Lokasi : Jl. Cikini IV No.12, RW.5, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Sentra

Jam Operasional : Buka setiap hari (Senin – Minggu) dari pukul 10.00 – 23.00 WIB

Resto Jepang, Kikugawa
Resto Jepang tertua yang ada di Jakarta. Telah berdiri lebih dari 50 tahun, tepatnya legal diperuntukkan untuk umum pada tahun 1969. Resto yang menghidangkan makanan asli khas Jepang dengan cita rasa hingga interior dan bangunannya yang serupa. Mereka memilih untuk konsisten mempertahankan barang-barang simpel yang mempunyai skor history menjadi penguat suasana zaman dulu. Seperti kafe Jepang pada biasanya, Kikugawa juga menawarkan makanan yang identiknya, seperti sushi, udon, dan lain sebagainya. Penerapan logat kayu pada bangunan dan sebagian furniture-nya betul-betul menggambarkan suasana bak lagi di negara Jepang sungguhan. Nyaman, sejuk, sejuk. Tidak heran banyak petinggi dan orang ternama di Indonesia yang mewujudkan tempat ini sebagai kafe Jepang unggulan.

Lokasi : Jl. Cikini IV No.13, RT.15/RW.5, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Sentra

Jam Operasional :

Lunch : pukul 11.30 – 15.00 WIB
Dinner : pukul 17.30 – 22.00 WIB
Mie Ayam Gondangdia
Bakmi legendaris di Jakarta yang telah berdiri sejak tahun 1968 ini adalah salah satu hidangan unggulan Presiden RI ke-5 adalah Megawati Soekarnoputri. Makanan satu ini memang telah melegenda di kalangan warga Jakarta. Pun hingga sekarang masih menjadi idaman para paruh baya yang mungkin saja dulu ketika masa mudanya sering menyantap makanan yang satu ini. Hitung-hitung bernostalgia bersama pasangan, anak, dan cucu ketika ini. Tidak hanya menyediakan hidangan mie ayam, tapi selayaknya kafe bakmi pada biasanya, mereka juga memberi tahu menu lainnya, seperti fuyunghai, aneka santapan nasi, kwetiau, bihun, dan lainnya. Padahal masih menjadi idola orang tua, tapi tempatnya terbilang nyaman untuk kaum muda mudi menghabiskan waktu bareng pasangan, sahabat, atau keluarga.

Lokasi : Jl. RP. Soeroso No.36, RT.9/RW.5, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Sentra

Jam Operasional : Buka setiap hari (Senin – Minggu) dari pukul 10.00 – 20.00 WIB

Soto Betawi H. Ma’Ruf
List masakan legendaris yang terakhir datang dari makanan yang memang khas dari Jakarta, adalah Soto Betawi. Soto Betawi yang cukup tenar melegenda di wilayah Cikini adalah milik H. Ma’Ruf. Beliau yang adalah warga asli Betawi, mulai berjualan pada tahun 1940-an dimulai dengan jualan keliling. Kini semakin berkembang dan telah terdapat 5 cabang yang tersebar. Seperti soto betawi pada biasanya, Soto Betawi H. Ma’Ruf ini juga meracik satu porsi hidangannya dengan kuah yang dipadukan dengan santan, dan dilengkapi bersama daging, jeroan, kentang, tomat, dan komplemen lainnya. Tetapi yang memnuat cita rasanya menjadi asli ada pada penggunaan murni rempah-rempahnya yang kuat. Sampai sekarang rasanya masih sama dan tidak berubah sejak lebih dari 80 tahunan silam.

Lokasi : Jl. RP. Soeroso No.36A, RT.2/RW.13, Gondangdia, Kec. Menteng, Kota Jakarta Sentra

Jam Operasional : Buka setiap hari (Senin – Minggu) dari pukul 09.30 – 20.30 WIB

Sebenarnya masih banyak lagi masakan legendaris yang konsisten hits hingga ketika ini di wilayah Cikini, Jakarta Sentra. Kau bisa sekali-kali melowongkan waktu untuk berkeliling mengelilingi masakan yang ada di salah satu jantungnya Kota Jakarta.

Supaya lebih puas dan lengkap, kamu bisa sekalian stay di apartemen sekitaran tempat Cikini, lho. Kau bisa cobain di waktu akhir pekan, dan buat experience weekend-mu lebih menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *