Daftar Kudapan Tradisional Indonesia Populer Dari Beragam Daerah

Indonesia memiliki banyak variasi kue tradisional yang telah ada semenjak dahulu hingga masih populer hingga kini. Beragam variasi kue yang populer hingga kini tentunya berasal dari berbagai daerah dan juga rasanya khas. Biasanya berbagai variasi kue tradisional disuguhkan untuk dinikmati para tamu undangan yang datang atau dapat juga jadi cemilan nikmat tiap harinya. Apalagi berbagai variasi kue tradisional kini dapat ditemukan di mana saja seperti di pasar tradisional atau di toko kue. Bahkan bagi kamu yang menyukai masak kue tentunya dapat coba buat sendiri di rumah yang dapat disantap bareng keluarga. Berikut ini akan dibeberkan daftar kue tradisional Indonesia yang populer dari berbagai daerah.

Getuk

Kudapan pertama yang satu ini masih banyak ditemukan di pasar yaitu getuk yang asalnya dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Bahan utama kue ini yaitu singkong yang direbus dan ditumbuk kemudian disusun kotak dan ditambahkan gula agar rasanya manis. Dikala ingin diberi tahu di atas meja, getuk juga ditambahkan dengan parutan kelapa sehingga terdapat rasa asin dan gurih yang dapat kamu rasakan pada kue satu ini.

Onde-Onde
Kedua ada kue yang bernama onde-onde yang bentuknya seperti bola berukuran kecil yang di dalamnya terdapat isian berupa kacang hijau. Untuk komponen kulitnya berasal dari tepung ketan yang ditaburi dengan wijen warna putih. Dengan adanya wijen maka kue onde-onde akan terasa harus dan memiliki wangi-wangian khas. Bahkan kini telah banyak rasa dari onde-onde seperti coklat, keju, dan rasa lainnya.

Kudapan Rangi
Berikutnya ada kue yang berasal dari Betawi judi bola online yang dinamakan dengan kue rangi yang juga dapat kamu peroleh di mana saja. Kudapan satu ini dimasak memakai cetakan dan dibakar memakai tungku. Cetakan yang dipakai hampir mirip dengan kue pancong tapi agak sedikit tipis. Proses pembuatan adonan kue ini memakai campuran dari tepung sagu dan juga kelapa parut. Sesudah matang, kue rangi akan ditambahkan dengan saus gula Jawa yang kental dan pastinya menarik hati.

Jalangkote

Kudapan yang satu ini berasal dari Sulawesi Selatan yaitu jalangkote yang hampir mirip dengan pastel tapi bedanya kulit jalangkote lebih tipis. Di dalamnya terdapat berbagai isian mulai dari wortel, kentang, mie atau bihun. Sesudah selesai digoreng maka dapat ditambahkan saus yang terbuat dari campuran antara cuka dengan cabai sehingga rasa pedasnya terasa.

Roko-Roko Unti
Ada satu lagi kue dari Sulawesi Selatan yaitu roko-roko unti yang umumnya diberi tahu dikala masuk musim panen. Adonannya berasal dari tepung beras yang di dalamnya ada potongan pisang raja. Proses pembuatannya juga gampang dimulai dengan mencampurkan air hangat dengan tepung beras dan juga kelapa parut kemudian aduk hingga mengental. Kemudian tambahkan pisang raja di komponen dalam kemudian dibungkus memakai daun pisang.

Klepon
Untuk kue yang satu ini tentunya kamu telah tahu sebab masih tenar hingga kini yaitu klepon yang berasal dari Jawa. Kudapan yang memiliki ciri khas warna hijau ini diwujudkan dari beras ketan yang diisi dengan gula merah yang dicairkan kemudian diberi tahu bersama parutan kelapa.

Bika Ambon
Berikutnya ada kue dengan ciri khas warna kuning dari Medan yaitu bika Ambon. Untuk membikin kue ini tentu cukup banyak membutuhkan bahan-bahan mulai dari tepung serbaguna, gula, air kelapa, santan, telor, ragi instan, tepung singkong, dan masih banyak lagi. Sesudah semua bahan dicampur dan menjadi adonan maka berikutnya akan dimasukkan ke oven hingga matang.

Apem
Kudapan tradisional berikutnya diketahui dengan nama apem yang terbuat dari tepung beras, gula Jawa, terigu, tape singkong, dan juga santan. Kudapan apem digoreng memakai wajan yang ditambahkan olesan minyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *