Keju Mendapat Pujian Dari Prancis Itu Terancam Musnah

Jakarta – Keju camembert jadi salah satu kekayaan makanan di Prancis. Tapi nasib miris justru menghampiri. Keju ini terancam punah. Apa penyebabnya?
Dikutip dari, makanan bisa mengalami kepunahan dikala bahan-bahan dan orang yang pakar memasaknya tidak lagi tersedia.

Hal ini terjadi pada situasi penikmat keju dan ilmuwan di Perancis kini. Dataran Eropa yang populer dengan beraneka slot depo qris olahan kejunya digemparkan dengan terancamnya kepunahan sebuah macam keju yang bernilai sejarah panjang.

“Blue cheese mungkin sedang terancam, namun situasinya jauh lebih buruk Camembert, absensinya sudah terancam kepunahan,” ungkap French National Center for Scientific Research (CNRS) seperti yang dikutip dari CNN Travel sebagian waktu lalu.

Eksistensi keju Camembert tengah terancam akibat keadaan sulit reproduksi dan tekanan pada industri produsennya yang masif. Hal ini disebabkan oleh kurangnya cara kerja kultivasi pada jamur yang dibutuhkan untuk pembuatan keju peninggalan Napoleon di abad ke-18 ini.

Dalam prosesnya, Camembert sendiri mempunyai kesamaan dengan keju Brie. Sesudah diberikan perlakuan untuk menghidupkan jamur fermentasinya, keju ini akan disimpan dalam ruangan dan penyebaran jamurnya diperbolehkan melebar untuk menyusun lapisan putih seperti yang banyak diketahui.

Jamur yang dibutuhkan pada cara kerja pembuatan keju ini diketahui bernama penicillium camemberti. Sayangnya jamur ini ditemukan oleh pakar mulai menurun keragaman genetiknya malahan mengalami kegagalan untuk dikembang biakkan.

“Penemuan kami meningkatkan pertanyaan perihal batas angka pada cara kerja penyaringan keju, yang dikhawatirkan menjadi salah satu penyebab degenerasi jamurnya, yang akan membatasi kesempatan untuk perkembangan lanjutan,” papar hasil penelitian para ilmuwan.

Seorang pakar keju dari Inggris, Patrick Lance, mengatakan bahwa ini bukan pertama kalinya keju Camembert mengalami keterancaman. Beberapa abad lalu kelangkaan jamur penicillium camemberti juga sempat terjadi yang membikin masyarakat Perancis di masa lampau kuatir.

Pada 1982, dikala kelangkaan ini terjadi, keju Camembert diberikan status Appellation d’origine protege (AOP) yang berarti cuma keju dari Normandy yang boleh memakai nama Camembert. Akibatnya di masa lampau banyak produsen yang terus mengakali produksi keju Camembert dengan memakai susu mentah atau pasteurisasi.

Bukan cuma menyelamatkan sebuah macam keju, upaya ini disebut juga sebagai penyelamatan sebuah catatan sejarah. Setidaknya di dunia keju yang pertama kali diciptakan oleh wanita bernama Marie Harel asal Normandy seharusnya bisa dicicipi oleh generasi anak-cucu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *