Berburu Hidangan Takjil di Masakan Kauman Semarang

Masyarakat yang telah lama tinggal di Semarang biasanya tak perlu bingung untuk mencari tempat ngabuburit sekaligus mencari menu buka puasa. Wilayah Aloon Aloon Semarang akan menjadi salah satu tempat unggulan.
Tiap-tiap Ramadan, banyak pedagang makanan takjil yang berjualan di event Masakan Kauman Semarang yang digelar di tempat tersebut.

Lokasi tersebut biasanya mulai ramai dikunjungi ketika petang hari. Semisal pada Jumat (24/3/2023) sekitar pukul 17.00 WIB, kelihatan Masakan Kauman mulai ramai dikunjungi.

Kebanyakan datang bersama-sama dengan sahabat atau keluarganya. Penjaga parkir bahkan mulai sibuk mencari tempat untuk warga yang baru datang dengan kendaraannya.

Ketua Panitia Masakan Kauman Ramadan, Khoirul Ikhsan menyebut mahjong pasar dadakan di depan Masjid Agung Kauman ini memang telah menjadi kultur di Semarang. Seiring perkembangan waktu, para pedagang mulai diorganisir.

“Sebagai sarana untuk ngabuburit yah karena kan dekat dengan mesjid, itu telah menjadi kultur, itu lah yang bikin pedagang untuk melayani yang puasa untuk kebutuhan sehari-hari, untuk kebutuhan berbuka puasa,” ujarnya ketika dijumpai di lokasi.

Tahun ini, ada 160 stand yang hampir seluruhnya yaitu masakan. Dagangannya beragam, mulai takjil khas Semarang hingga makanan Jepang dan Arab ada di Masakan Kauman.

“Minuman, takjil, makanan besar ada seluruh, komplit se-Nusantara. Bila ciri khasnya Semarang tahu petis, petis bumbon,” ujarnya.

Kecuali itu, ada juga kue coro santan dan ketan biru, makanan khas Semarang yang cuma bisa dijumpai ketika Ramadan. Panitia juga menyediakan zona bermain anak dan panggung religi untuk menghibur warga yang datang.

Salah satu pedagang, Shokanah (68), telah sejak lama di sekitar Kauman ketika Ramadan. Tahun lalu, 70 porsi petis bumbon dan 8 kilogram ketan biru bisa habis dalam sehari.

“Petis sampe 50, 60, 70, bisa habis sekiranya tahun kemarin, kini (sejak awal Ramadan) ya 50 aja,” ujarnya.

“Ya rame tahun ini, soalnya ramainya kan kini banyak masakan dibanding tahun kemarin,” sambungnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *