Pasar Masakan Padang Panjang, Kian Hari Makin Ramai Dikunjungi Pelancong

Pasar kuliner malam di Padang Panjang terletak di tengah kota. Siang terminal malam hari jadi objek liburan kuliner. Hampir seratus pedagang makanan dan minuman menggelar dagangan hingga dini hari.

Bermacam kuliner (Minang) disuguhkan kepada pengunjungi. Tidak cuma sekedar untuk mengisi perut, yang datang untuk jalan-jalan merasakan udara malam yang adem banyak pula sambil mencari cinderamata.

Letaknya di pusat kota, mudah diakses dari segala arah. Kendaraan roda empat maupun roda dua bisa seketika parkir di areal pusat kuliner malam har ini. Bagi pengunjung yang datang menggunakan sepeda motor parkir sajalah di depan lapak-lapak pedagang makan yang diinginkan.

Banyak wisatawan yang hendak ke Bukittinggi maupun dari Bukittinggi ke Padang, sengaja datang ke daerah ini untuk merasakan kelezatatan kuliner Minang. Pelancong lokal dari Batusangkar, Solok dan tidak sedikit jumlahnya yang singgajh di daerah ini, terutama pada Sabtu malam.

“Ingin makan enak, di sinilah tempatnya, “ kata Ny. Nuraini, perantau Jakarta asal Bukitinggi kepada pasbana.com, Sabtu malam minggu lalu.

Pengakuan Nuraini, dia sengaja datang poloclubapt.com untuk makan malam di Pasar Masakan Padang Panjang. Acara makan malam ini telah diagendakan dari Jakarta. Wanita asal Kurai ini pulang kampung bersama rombongan ibu-ibu yang datang berwisata ke Sumatra Barat.

Apa yang dikatakan ibu paruh baya itu benar . Untuk makan enak tersedia berbagai lauk-pauk. Sepertiasam padeh, gulai gajeboh, kalio hati, pangek ikan, goreng ikan, panggang ikan. Ada pula dendeng lambokdendeng masiak. Ada cancang kambiang bercampur rebung serta gulai tunjang.

Seandainya tidak suka cancang kambing ada gulai cancang daging sapi. Gulai dan goreng ayam. Tersedia pula randang dan pangek sasau, pangek ikan bilih. Nikmati pula gulai tamunsu, kalio jariang, hingga sambaladotanak. Tinggal pilih sesuai selera. Semua tersedia dalam situasi hangat, gurih dan tentunya enak.

Sebab enak dan lezatnya kuliner, banyak pengunjung makan berkeringat. Padahal malam hari suhu udara Padang Panjang terkenal adem.

Pengunjung yang tidak suka makan nasi di malam hari, ada berbagai gorengan. Mulai dari goreng pisang, resoles, roti cane, martabak, bubur pemenang, bubur cande, onde-onde, sarikayohingga lamang tapai.

Ada minuman sorbat talua, sekotang, bubur kacang padi katan dan telah pasti tersedia kopi,teh talua dan minuman hangat lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *