Fakta Unik Sup Brenebon Manado, Sup Warisan Belanda

Sup Brenebon adalah kuliner peninggalan kolonial Belanda yang banyak ditemui di Indonesia Timur, terlebih didaerah Minahasa Sulawesi Utara, bahkan sup sedap penuh citarasa rempah ini betul-betul identik dengan Masakan Khas Manado dan Sup Brenebon sering kali juga disebut Sup Kacang Merah ala situs slot777 Manado. Hidangan ini memang terbuat dari Kacang merah dan sayuran plus daging ayam, sapi atau babi yang dikenalkan dalam kuah kaldu daging dengan campuran bumbu sup pada biasanya seperti bawang, merica dan bumbu lainnya.

Berikut beberapa fakta menarik seputar Sup Brenebon Khas Manado:

  1. Diadopsi dari kuliner Belanda “Bruine Bonen”, Bruine artinya warna Coklat dan Bonen artinya Kacang. Bruine Bonen = Kacang Merah.
  2. Makanan ini berbahan dasar Kacang merah.
  3. Lazimnya daging yang digunakan adalah Babi, Ayam atau Sapi.
  4. Trik memasak Sup Kacang merah, kacang merahnya seharusnya direndam dahulu semalaman agar empuk, serta daging juga seharusnya direbus dahulu hingga empuk, baru diolah dengan bumbu lainnya.

Memasak Sup Brenebon tidaklah susah namun seharusnya mengenal triknya agar pada waktu dikenalkan menjadi lezat. Salah satunya cara memasak kacang dan dagingnya. Untuk Kacang seharusnya di rendam dahulu semalaman agar empuk, kemudian Daging seharusnya direbus hingga empuk. Selanjutnya masukkan bawang merah, bawang putih yang telah diiris, garam serta merica, kemudian masukkan pula pala bubuk dan cengkeh. Baru kemudian masukkan sayuran seperti buncis, daun bawang dan seledri hingga layu saja. Sup siap dikenalkan hangat dengan nasi putih dan taburan bawang goreng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *