Cirebon Andalkan Tamasya Masakan dan Belanja

Tamasya masakan dan belanja kini ini menjadi andalan Kota Cirebon, Jawa Barat, hal ini dikarenakan destinasi liburan yang ada di Kota Udang itu tergolong minim peminat sebab kurang kreatifitas.

\\”Wisatawan ketika ini masih berminat untuk belanja dan mencicipi masakan khas Cirebon dan juga ketika ada aktivitas baru pelancong akan datang,\\” kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporbudpar) Kota Cirebon, Dana Kartiman di Cirebon, Jumat.

Menurutnya liburan masakan dan belanja masih menjadi magnet untuk datang ke Kota Cirebon, berbeda dengan objek atau destinasi liburan dimana masih minim peminatnya.

Dana melanjutkan meskipun waktu yang digunakan pelancong cuma setengah hari, akan tapi pengunjung tidak pernah sepi di tempat makan dan pusat perbelanjaan, malah peningkatannya bisa menempuh sekitar 20 persen.

Namun untuk sejumlah objek liburan tidak bonus new member 100 banyak berubah, cuma tambahan saja, sebab para pelancong cuma mengamati situs dan tempat sejarah lainnya.

\\”Untuk destinasi liburan seperti budaya dan sejarah cuma dijadikan transit liburan, bukan tujuan liburan,\\” tuturnya.

Dana menambahkan untuk meningkatkan jumlah pelancong di Kota Cirebon itu sangat susah, dikarenakan dinasnya cuma dianggarkan untuk promosi sekitar Rp100-150 juta dalam setahun.

Meskipun tempat lain guna mendongkrak liburan itu dikasih anggaran promosi cukup banyak.

\\”Selain itu kita juga perlu sinergis dengan bermacam pihak, jangan jalan dan kembangkan sendiri, tapi mari bersama-sama buat penemuan dan kreatifitas guna menarik para pelancong agar datang ke Cirebon,\\” tambahnya.

Kota Cirebon mempunyai kekayaan produk budaya, seperti topeng dan lukisan kaca, maka dari itu para pelaku usaha juga harus kreatif.

Seperti dengan membikin sebuah rumah tradisional dengan membikin topeng, belajar tarinya, pembuatan kaos bergambar topeng dan lain-lainnya.

\\”Dalam rangka meningkatkan pelancong kita semua juga harus kreatif,\\” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *