Rekomendasi Makanan Khas Malaysia yang Lezat

Berada di sebelah timur Indonesia, Malaysia menjadi salah satu destinasi negara di Asia Tenggara yang menarik bagi para wisatawan. Nggak hanya punya tempat wisata, tapi terdapat juga makanan khas Malaysia yang punya rasa sedap dan lezat.

Apalagi, makanan khas Malaysia juga memiliki cita rasa yang pas dengan lidah orang Indonesia. Hal hal yang demikian bukan tanpa alasan, karena kebanyakan masakan khas Malaysia memang terbuat dari bumbu rempah-rempah yang hampir mirip dengan makanan Indonesia.

Meskipun demikian itu, makanan khas Malaysia juga memiliki cita rasa unik karena ada rasa asam, pedas, dan manis yang dapat kamu humaskepri.id rasakan dalam satu makanan. Nah, di tulisan ini terdapat sebagian anjuran makanan khas Malaysia yang wajib kamu coba saat berkunjung ke sana. Lalu apa saja makanannya? Simak informasinya berikut ini.

Rekomendasi Makanan Khas Malaysia
Bagi kamu yang mau coba menjelajahi masakan Negeri Jiran tapi masih linglung wajib memilih yang mana, berikut sebagian anjuran makanan khas Malaysia yang wajib kamu cicipi. Lantas cek daftarnya di bawah ini, ya!

  1. Nasi lemak

Menu makanan ini pasti sudah tenar bagi kamu pastinya. Oleh karena itu, menu nasi lemak sudah tersedia di banyak rumah makan di Indonesia.

Nasi direndam dalam krim kelapa digunakan untuk membuat nasi lemak, yang kemudian dikukus hingga matang. Selain itu, sebagian rempah-rempah, seperti sereh, jahe, dan pandan, digunakan untuk meningkatkan aroma nasi lemak ini.

Nasi lemak ini memiliki rasa gurih yang hampir sama dengan nasi uduk, nasi campur, atau nasi gemuk yang tradisional dari Jambi.

  1. Ayam percik

Ayam percik ialah makanan yang dihasilkan dari ayam dan dicampur dengan berjenis-jenis rempah. Dua macam ayam percik yang tenar di Malaysia ialah Kelantan dan Trengganu.

Untuk ayam percik Kelantan menerapkan saus dan bumbu yang terbuat dari campuran santan dan rempah, meskipun ayam percik Trengganu menambahkan bumbu cabai untuk membuat rasanya lebih pedas dan menggugah selera.

  1. Ayam pongteh

Malaysia dan Singapura memiliki banyak makanan ini. Tampilan ayam pongteh mirip dengan semur ayam, dan umumnya dihidangkan dengan potongan kentang dan jamur shitake, sehingga dalam membuatnya lebih rumit, tapi menyenangkan.

Di Malaysia, makanan ini menerapkan bahan dasar daging ayam, meskipun hakekatnya daging non-halal juga dapat digunakan dalam masakan ini. Rasa tauco yang dicampur saat dimasak membuat kuah makanan khas Malaysia ini jadi unik.

  1. Makanan khas Malayasia: Nasi kerabu
    Pelancong yang bepergian ke Negeri Jiran senantiasa mencari Nasi Kerabu. Banyak orang penasaran dengan rasa hidangan ini karena warnanya yang kebiruan.

Biasanya, hidangan ini menjadi santapan utama bersama lauk pendamping seperti ayam goreng, ikan kering, telor asin, kerupuk, ayam bakar, dan berjenis-jenis macam sayuran. Melainkan, karena pewarna alami nasi kerabu sulit ditemukan, sebagian besar orang kini tak makan nasi kerabu berwarna biru. Mereka umumnya menggantinya dengan nasi putih, nasi kuning, atau nasi hitam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *