Makanan Khas Dari Danau Toba Dengan Cita Rasa Tersendiri Yuk Mencobanya

Ingat nggak apa makanan tempat yang pertama kali pernah dicoba selama berwisata #DiIndonesiaAja, Sobat Pesona? Mulai dari Sabang hingga Merauke, tersebar banyak sekali opsi tamasya masakan khas nusantara yang menggugah selera, tidak terkecuali di Danau Toba. Dengan pemandangan alam yang memanjakan mata, destinasi super prioritas yang satu ini juga dilengkapi berjenis-jenis makanan tempat yang mempunyai cita rasa menggoda. Menjelajahi kekayaan tamasya slot bonus new member masakan nusantara emang nggak ada habisnya, sepakat?
Tetapi ingat ya, di mana bahkan Sobat Pesona berada, pastikan selalu menjaga kebersihan dan patuhi protokol kesehatan. Jadi, acara makan-makan tetap terasa nyaman dan pastinya aman.

Ketika berada di Danau Toba, kaprah-kaprah Sobat Pesona beratensi mencicipi masakan yang mana, nih? Yuk, simak bersama daftar masakan khas dan lezat yang ada di Danau Toba berikut ini!

  1. Awali hari dengan ombus-ombus, kudapan manis dari tepung beras khas Batak Toba

Camilan yang terbuat dari tepung beras, kelapa, dan gula merah ini umumnya dijadikan teman sarapan bersama teh atau kopi dan termasuk salah satu kudapan harus pada sebagian upacara adat tertentu nih, Sobat Pesona. Formatnya menyerupai kerucut dan paling sedap disantap selagi hangat sambil ditiup perlahan, dari sini pula nama ombus-ombus berasal yang dalam bahasa Batak berarti ditiup-tiup.

  1. Menikmati nikmatnya arsik, ikan mas bumbu kuning yang melegenda

Buat Sobat Pesona pencinta masakan pedas, pokoknya harus banget mencicipi kenikmatan arsik, nih! Nggak sembarangan, arsik dianggap sebagai simbol doa dan berkat pada pengerjaan pernikahan adat Batak, lho. Masakan nusantara yang terbuat dari ikan mas atau ikan nila ini, dikasih bumbu kuning dengan cita rasa pedas dan asam yang khas. Sekali mencoba, siap-siap auto ketagihan, nih!

  1. Uniknya saus pedas tuk-tuk yang menaruh cita rasa khas Merica Batak

Saos ini berbeda dari tipe kebanyakan saus pedas lainnya, sebab di dalam saus pedas tuk-tuk terdapat andaliman yang juga sering kali disebut sebagai merica Batak. Komposisi saus pedas tuk-tuk terdiri dari cabai merah keriting, cabai merah besar, bawang merah, bawang putih, kemiri, andaliman, perasan air jeruk nipis dan ikan asin. Saos tuk-tuk ini paling pantas dirasakan bersama aneka gorengan lho, Sobat Pesona!

  1. Mencicipi gurihnya santan dan bumbu andaliman dalam mi gomak

Mi gomak juga nggak boleh terlewat dari daftar tamasya masakan di Danau Toba nih, Sobat Pesona. “Spaghetti” ala Danau Toba ini mempunyai tekstur yang kenyal dengan ukuran yang lebih besar dari tipe mi lainnya. Mi gomak umumnya diolah menjadi dua tipe hidangan, mi gomak kuah atau mi gomak goreng, dengan bumbu santan dan tambahan andaliman, asam patikala atau kecombrang sebagai komplementer.

  1. Nikmati kesejukan sashimi khas Batak, na niura yang mendunia

Masih ada lagi masakan nusantara khas Danau Toba yang pantang kau lewatkan, adalah na niura. Tamasya masakan yang ada di destinasi super prioritas ini sudah mendunia, lho! Saking populernya, bahkan na niura disebut-sebut sebagai sashimi khas Batak, nih. Ya, na niura memang disantap dalam keadaan mentah, persis seperti sashimi dari Jepang. Cita rasa segarnya juga dilengkapi dengan bumbu asam dan rempah yang melimpah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *